Jeruk Memperbaiki Mood

Share  

Jeruk ternyata tidak hanya kaya Vitamin C lho. Beberapa situs menyebutkan bahwa konsumsi jeruk (serta jus-nya) dapat meningkatkan mood dan membantu mencegah depresi1,2,3. Sebenarnya, zat gizi apa saja sihyang terkandung dalam jeruk sehingga memiliki kemampuan tersebut?

Asam Folat

Asam folat merupakan vitamin yang tergabung dalam grup Vitamin B Kompleks. Peranan Asam Folat sangat penting dalam pembentukan sel darah merah, juga kesehatan janin dalam kandungan4. Namun manfaat asam folat tak hanya itu. Beberapa studi menemukan hubungan antara rendahnya asupan folat sehari-hari dengan depresi dan penurunan kemampuan kognitif5,6. Asam folat kemungkinan berperan dalam pencegahan depresi karena metabolisme asam folat dalam tubuh melibatkan senyawa S-adenosylmethionine, senyawa yang terdapat dalam konsentrasi rendah pada penderita depresi5. Kebutuhan asam folat perhari menurut Departemen Kesehatan RI adalah 400 mcg.

 

Makanan kaya folat diantaranya sayuran berdaun hijau, polong-polongan, dan beberapa buah seperti melon dan jeruk4. Ya, jeruk merupakan salah satu sumber asam folat yang baik. Satu cup jus jeruk dapat memenuhi 18% AKG untuk asam folat, sementara satu buah jeruk ukuran sedang kira-kira memenuhi 10% AKG, sesuai dengan yang tercantum dalam database USDA. Oleh karena itu, tak heran konsumsi jus jeruk sangat marak sebagai teman sarapan pagi di Amerika, untuk meningkatkan mood sebelum menyambut hari.

 

Aroma Citrus

Tak hanya kandungan asam folatnya yang tinggi, aroma jeruk juga bersifat menenangkan dan menaikkan mood. Studi yang dilakukan oleh Lehrner (2005) menyebutkan, aroma jeruk dapat meningkatkan mood serta memberikan efek menenangkan pada pasien di ruang tunggu dokter gigi7. Komponen Limonene dalam aroma jeruk berfungsi menekan produksi hormon stress pada otak8.

Masih berpikir dua kali untuk makan atau minum jeruk?

 

References:

1 WebMD. 2007. Foods to Uplift Your Moods

2 Bauer, Joy. 2006. Improve your Mood with These Foods

3 Voice.Yahoo. 2009. 3 Reason to Add Orange Juice to Your Day

4 Boyle, M.A., & Long, S. 2007. Personal Nutrition

5 Reynolds, E.H. 2002. Benefits and risks of folic acid to the nervous system. J Neurol Neurosurg Psychiatry72: 567–571

6 Reynolds, E. 2006. Vitamin B12, folic acid, and the nervous system. Lancet Neurol 5: 949–60

7 Lehrner, J. et al.  2005. Ambient odors of orange and lavender reduce anxiety and improve mood in a dental office. Phys & Behavior 86: 92– 95

8 Fukumoto, S. et al. 2008. Effects of flavour components in lemon essential oil on stress. Stress and Health24: 3–12


NutriSari Minuman jeruk paling enak dan
segar banyak vitamin.

Contact Us

customer@nutrisari.co.id
0800-1-800-800 (bebas pulsa)
021-460-7777

  • Follow us

Article & Tips

Jeruk Memperbaiki Mood

Jeruk ternyata tidak hanya kaya Vitamin C lho. Beberapa situs menyebutkan bahwa konsumsi jeruk (serta jus-nya) dapat meningkatkan mood

read more

“Anti-Flu” Formula

Berapa banyak orang di sekolah—atau kampus/kantor—NutriMates yang batuk-batuk atau buang ingus? Menjadi satu-satunya orang yang masih sehat

read more